Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Mahasiswa Akuntansi Juga Bisa Jadi Pengusaha

Mahasiswa Akuntansi Juga Bisa Jadi Pengusaha

Terlebih, ia kemudian menekankan, generasi milenial saat ini merupakan kaum yang sudah sangat melek teknologi sehingga potensi mereka untuk memanfaatkan era revolusi industri 4.0 sangat besar. PADANG, HALUAN — Bank Man­diri Cabang Padang melatih ratusan mahasiswa untuk mampu menjadi pengusaha sukses. Kali ini Bank Mandiri gandeng mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang untuk menjadi wirausaha mandiri.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Bahkan jika kamu kurang puas dengan tips di atas, kamu bisa hadir dalam acara seminar Diskusitokoonline #5 yang akan segera diadakan. Laptop yang biasa kamu gunakan untuk mengerjakan tugas bisa juga digunakan untuk bisnis lho. Tinggal buka jasa pengetikan buat teman-temanmu yang malas, bisa mendatangkan banyak uang untukmu. Tarifnya juga bisa kamu tentukan sendiri entah itu per lembar atau per pengerjaan.

Webinar ini merupakan pengganti dari kegiatan unas entrepreneurship expo yang rutin dilakukan di setiap akhir mata kuliah kewirausahaan. Pada akhir sesi, masing-masing kelompok mahasiswa mempresentasikan bisnis mereka yang dipamerkan selama pandemi Covid-19. Pada masa pandemi Covid-19, bukan hanya kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara daring tetapi bergam unit usaha juga beralih pada pemanfaatan teknologi informasi. Mahasiswa yang telah memulai usaha didorong untuk menggunakan media sosial atau internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Jika kamu mulai berbisnis, kamu tidak lagi memiliki pekerjaan wajib dan tanggung jawab yang jelas. Berbeda dengan menjadi karyawan yang harus terikat masuk kantor dan jam kerja. Pakar ekonomi Universitas Stikubank Semarang, Dr Elen Puspitasari, MSi, Akt mengatakan, pembentukan karakter pengusaha perlu dilakukan pada generasi muda. Sebab, mereka memikul tanggung jawab besar bagi kemajuan bangsa.

Pentingnya wirausaha bagi kesejahteraan suatu bangsa tidak lagi diragukan kebenarannya. Sehingga menambah jumlah wirausaha di sebuah negara termasuk Indonesia menjadi kunci untuk bangsa yang sejahtera. Dalam ranah pendidikan, persoalannya menyangkut bagaimana dikembangkan praksis pendidikan yang tidak hanya menghasilkan manusia terampil dari sisi ulah intelektual, tetapi juga praksis pendidikan yang inspiratif-pragmatis. Praksis pendidikan, lewat kurikulum, sistem dan penyelenggaraannya harus serba terbuka, eksploratif, dan membebaskan.

Twitter, khususnya, bisa menjadi teman atau musuh bisnis kecil. Model bisnis harus diakui meskipun memiliki kesegaran yang menarik. Pastikan pakaian, presentasi, dan pasar harus mencerminkan masa muda. Tiba di pertemuan dengan celana jins dan kaus oblong kotor, memegang segenggam kertas kotor, dan aroma bau alkohol tadi malam akan merusak citra di depan klien. “Semua orang yang kuliah di jurusan mana pun berhak untuk menjadi pengusaha hebat,” katanya. Oleh karenanya, Universitas Citra Bangsa harus meyakini mampu berkompetisi dengan universitas-universitas besar lain.

Karena tidak mungkin kan kamu membangun relasi di luar pertemanan kampus, misal membangun relasi dengna orang-orang di jalan? Selain karena tidak mau, bisa dijamin karena faktor rasa malu memulai. “Program ini juga untuk mengembangkan kreativitas yang dapat menumbuhkan kemampuan mahasiswa dan menstimulasi minat mahasiswa dalam berwirausaha yang terintegrasi. Jadi ini program sangat spesifik, bukan modal usaha untuk pribadi, bukan untuk modal usaha perorangan.

Untuk mengembangkan Program Belajar Bekerja Terpadu perlu pelatihan bagi mahasiswa oleh Kantor Menteri Negara, Koperasi dan UMKM. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang telah selesai semester VI atau lebih, dengan waktu tiga sampai dengan enam bulan. Dalam program ini mahasiswa bekerja di suatu perusahaan dan mendapat kompensasi keuangan serta bantuan lainnya seperti transport, pemondokan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan atau sponsor. Menumbuh kembangkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dapat dilaksanakan melalui pertaman Kurikulum Perguruan Tinggi. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dorongan membentuk wirausaha juga datang dari teman pergaulan, lingkungan famili, dan sahabat.

Untuk memberikan solusi bagi 15 juta pencari pekerjaan ini, maka negara harus menciptakan lapangan pekerjaan. Namun tidak mungkin seluruhnya akan terserap lewat penerimaan PNS , BUMN , TNI maupun Polri. “Bagi mahasiswa yang ingin menjadi entrepreneur bisa mengambil kesempatan ini dengan mengajukan proposal bisnis untuk dikompetisikan. Jika selama ini pengusaha pemula kerap mengeluhkan modal, program GKN bisa menjadi solusinya” kata Ginta yang juga menjabat sebagai Kadin provinsi Lampung. Memulai usaha sejak kamu masih duduk di bangku kuliah justru memberimu banyak keuntungan. Saat ini banyak financial institution berlomba menggelar kompetisi wirausaha untuk mahasiswa, sehingga kamu bisa mendapat suntikan modal dari sana dengan ide usahamu yang unik.

Comments are closed.